Jumat, 07 Februari 2014

Contoh Laporan Praktek Kerja Industri Perhotelan


LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Di Grand Inna Kuta Beach Hotel, Cottage & Spa.




OLEH       : Kota Kuwahara

NAMA                       : Kota Kuwahara
NIS                             : 8355
PROG KEAHLIAN : AKOMODASI PERHOTELAN







  SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 DENPASAR

Jl. Tirta nadi no. 19 Blanjong, Sanur
Telp ( 0361 )





KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat  Beliau saya dapat  menyelesaikan laporan praktek kerja industri di GRAND INNA KUTA BEACH HOTEL, COTTAGE & SPA dengan baik. Laporan ini merupakan suatu buktibahwa saya telah melakukan kegiatan prekerin di GRAND INNA KUTA BEACH HOTEL, COTTAGE & SPA.
Penulisan laporan ini disusun sebagai syarat kelengkapan setelah mengikuti On The Job Training, dan penyusunan laporan ini tidak lepas dari peran serta dari berbagai pihak, dan dalam laporan ini saya menyadari bahwa apa yang diuraikan, tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan yang masih jauh dari sempurna. Mengingat kemampuan dan keterbatasan pada diri saya untuk membuat laporan ini.
Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran dari pesmbaca agar bisa memotivasi diri saya, sehingga laporan yang saya buat ini menjadi lebih sempurna.
Pada kesempatan yang baik ini, tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Bapak Drs. I Made Arimbawa.M.Si selaku direktur PPLP MAPINDO TABANAN.
2.      Bapak I Ketut Putra Wirawan selaku Executive Housekeeping GRAND INNA KUTA BEACH Hotel , karena beliau telah memberikan saya kesempatan untuk Training di GRAND INNA KUTA BEACH Hotel,Cottage & Spa.
3.      Seluruh senior dan supervisor beserta karyawan yang ada di GRAND INNA KUTA BEACH Hotel, karena berkat beliau semua saya dapat mengetahui  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada di hotel.

         Mudah-mudahan dengan adanya laporan ini dapat membantu memudahkan para pembaca dalam Kegiatan Praktek Kerja Nyata (ON THE JOB TRAINING).
        Penyusun menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat berharap kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak. Sehingga laporan ini lebih sempurna dan bermanfaat bagi para pembaca.


DENPASAR,23 April 2013


Gst. Ag. A. Km. Alit Sintya Wati
 




                                                                                               


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL  ………………………………………….…………………...….….             i
HALAMAN PENGESAHAN ………………………….……………………………..…….        ii                                                                                                                                                                       
KATA PENGANTAR …………………………….………………………………………           iii 
DAFTAR ISI  …………….….……………………………………………………….……..          iv
BAB    I. PENDAHULUAN…………………………………………………………….…            1
1.1.Latar Belakang Penulisan Laporan……….………………………………….….            1
1.2.Tujuan Penulisan Laporan…….…………………………………………….…..             2
1.3.Manfaat Penulisan Laporan…………………………………………………......            3
BAB    II. GAMBARAN UMUM HOTEL………………………………………….…...             4
2.1. Sejarah Berdirinya Hotel…………………………………………………….…             4
2.2.Fasilitas yang dimiliki Hotel…….…………………………………………..….             16
BAB    III. PEMBAHASAN…………………………………………….…………………            29  
3.1.Tugas dan Tanggungjawab Pelaksanaan On The Job Training.…………….…..             29
3.2.Pembagain Jadwal On The Job Training ….……………………………….…..              29
3.3.Perbandingan Teori dan Praktek Dalam On The Job Training …………….…..              30
3.4.Kendala dan Keberhasilan yang ditemui Selama On The Job Training………..              30 
BAB    IV. PENUTUP…….………………………………………………………….……            32
4.1.Kesimpulan………………………………….....................................................              32
4.2.Saran-Saran…………………………..………………………………………...              32
LAMPIRAN                                                                                                                                     







BAB I
PENDAHULUAN

1.1.         LATAR BELAKANG ON THE JOB TRAINING
        Bali merupakan daerah kunjungan wisata yang terkenal di indonesia maupun internasional. Bali terkenal pariwisata budaya. Setiap tahun kunjungan wisatawan yang berlibur ke Bali baik dari domestic maupun mancanegara terus meningkat. Walaupun pariwisata Bali pernah terpuruk akibat tragedi Bom bali 1dan Bom bali 2 tapi sedikit demi sedikit pariwisata mulai berkembang kembali. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pariwisata Bali berupa promosi-promosi dan peningkatan di berbagai sector terutama keamanan dan pelayanan pariwisata.
        Hotel merupakan salah satu pelayanan pariwisata yang bergerak di bidang jasa akomodasi,makan dan minum,serta fasilitas lainnya yang  dikelola secara komersil dan profesional. Keberadaan hotel yang terus bertambah turut membantu untuk meningkatkan kunjunggan wisatawan untuk berlibur ke Bali. Namun selain itu perkembanggn hotel dapat menambah lapangan pekerjaan bagi orang yang ingin berkecimpung dalam dunia pariwisata.
        Saya yang termasuk warga Bali yang tinggal di kawasan pariwisata berharap dapat membantu dalam meningkatkan kepariwisataan Bali. Oleh karna itu saya terjun dalam dunia pariwista dan berharap memperoleh pekerjaan dalam bidang tersebut . Akan tetapi pengetahuan dan penggalaman saya dalam pariwisata sangat kurang, oleh karena itu saya melakukan training di hotel ini. Saya berharap memperoleh berbagai pengetahuan dan pengalaman yang membentuk saya untuk  mengembangkan diri menjadi pribadi yang  dewasa dan mandiri,sehingga siap untuk masa depan yang lebih baik.
        Dalam masa trening ini saya ingin memperoleh pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam bidang pariwisata terutama perhotelan. Oleh karna itu, saya menyusun laporan ini untuk mendorong trainee mencari data-data untuk  menyusun laporan tersebut. Sehingga saya dapat memperoleh penggetahuan dalam usaha penyusunan laporan ini. Yang nanti pengetahuan tersebut sangat bermanfaat bagi saya.

1.2.         TUJUAN ON THE JOB TRAINING
Adapun tujuan dilaksanakannya on the job training antara lain adalah sebagai berikut:
a)      Menciptakan SDM yang terampil dan disiplin di bidangnya masing-masing.
b)      Menerapkan secara langsung ilmu yang di dapat dan melaksanakan pramtek langsung di hotel.
c)      Menambah pengalaman, pengenalan, dan pengembangan karir serta meningkatkan loyalitas kerja.
d)     Meningkatkan  sikap disipli dalam kerja
e)      Mengembangkan sikappercaya diri dan dedikasi yang tinggi guna meningkatkan wawasan dalam bidang pariwisata terutama di bahasa asing
f)       Di harapkan agar mampu menerapkan bidangnya masing-masing setelah melaksanakan training di hotel.




BAB II
TINJAUAN UMUM HOTEL

2.1.         Sejarah Singkat GRAND  INNA KUTA BEACH  HOTEL, COTTAGE & SPA.
Pulau Bali sudah terkenal sebelum Perang Dunia II, akibat propaganda yang dilakukan di luar negeri terutama di daratan Eropa dan Amerika khususnya Negeri Belanda. Propaganda tersebut sangat mengenai sasarannya, terutama dikalangan perdagangan khususnya dan juga di bidang pengangkutan. Untuk kepentingan tersebut oleh pihak KPM kemudian dianggap perlu untuk mendirikan sebuah hotel di Pulau Bali, dengan maksud untuk menampung penumpang-penumpang kapalnya.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, akhirnya dibangunlah sebuah hotel pertama di Bali pada tahun 1928 yaitu Bali Hotel, kemudian dilanjutkan extensionnya pada tahun 1938 sehingga penyelesaiannya pada tahun1940 menjadi 30 kamar.
Perkembangan wisatawan akhirnya semakin meningkat datang kepulau Bali ini karena Bali dianggap pulau yang sangat indah dan diberi julukan “ HET LAND DER DEMONEW” apa yang disebut sekarang dengan istilah Pulau Dewata.
Dari tahun ke tahun kedatangan wisatawan meningkat terus terutama dari Eropa Barat dan amerika. Diantara rombongan tamu-tamu Eropa yang datang ke Bali tersebut, ada seorang wanita Irlandia berkebangsaan Amerika yang kemudian menamakan dirinya dengan nama Bali yaitu Ni Ketut Tantri.
Saat pertama kedatangannya di Bali, beliau menginap di Bali hotel karena waktu itu satu-satunya hotel yang dapat menampung wisatawan asing di Bali yaitu Bali Hotel.
Ternyata bahwa Ni Ketut Tantri adalah seorang seniman yang akirnya terbetik dalam hatinya untuk dapat memiliki sebidang tanah di pantai Kuta dan kemudian mendirikan beberapa buah cottage yang sangat sederhana yang kemudian diberi nama “ SUARA SEGARA”. Di tempat inilah bukunya yang terkenal yaitu “REVOLUSI DI NUSA DAMAI” yang judul aslinya adalah “ REVOLT  IN PARADISE”  ditulis dari awal sampai akhir yang juga sempat menyentuh perhatian saat itu mengenai penjajahan Belanda di Indonesia. Untuk membantu mengembangkan usahannya, Ni Ketut Tantri memerlukan karyawan dan salah satunya bernama I Nyoman Nyongyong.
Perkembangan situasi politik dunia terus memburuk sehingga meletuslah Perang Dunia II pada tahun 1942. Belanda terlibat dalam peperangan tersebut melawan Jepang. Pulau Bali yang merupakan daerah jajahan pemerintah Belanda juga menjadi sasaran perang bagi tentara Jepang. Yang menjadi sasaran tembak tentara Jepang untuk melumpuhkan tentara Belanda yang ada di Bali adalah lapangan terbang Tuban, yang selanjutnya merambat kedaerah pantai Kuta Dimana letaknya cukup dekat dengan Lapangan Terbang Tuban.
Akibat serangan tersebut, bungalow yang didirikan oleh Ni Ketut Tantri menjadi rusak berat. Dalam perkembangan selanjutnya Jepang berhasil mengalahkan Belanda. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi keselamatan Ni Ketut Tantri mengingat dirinya adalah  orang berkebangsaan Amerika. Ia kemudian pergi ke Surabaya, dimana sebelumnya tanah bekas ia mendirikan bungalow seluas 1.32 ha (13.200 m2) ia serahkan kepada karyawannya I Nyoman Nyongyong. Ditanah Jawa, Ni Ketut Tantri sempat menjadi tahanan Pemerintah Jepang dari tahun 1942 sampai dengan tahun 1945.
Pada tahun 1950 datanglah seorang pelukis muda dari Jawa yang bernama Tuan Agus Jaya. Ia ingin mengembangkan bakat seninya di Pulau Bali. Pilihannya untuk tinggal di Bali jatuh di Daerah Kuta. Tanah bekas bungalow suara segara menarik minat Tuan agus Jaya, kemudian ia menyewa tanah tersebut dari I Nyoman Nyongyong, selanjutnya di atas tanah tersebut Tuan Agus Jaya mendirikan beberapa cottage yang diberi nama “ Sangar Wisma Samudra Beach Kuta”.
Pada tanggal 22 Agustus 1956 atas inisiatif pemerintah melalui PT. Natour, Bali Hotel yang saat itu masih dimiliki oleh KPM diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan selanjutnya pengelolaannya diserahkan kepada PT. Natour Ltd. Pada saat transaksi, PT. Natour diwakili oleh S. Harjomigoeno dan KPM diwakili oleh TuanY. Kok.
Tahun 1961 pimpinan Bali Hotel diserah terimakan dari bapak Harjomigoeno kepada Bapak Sunaria Prawira Diraja. Selama kepemimpinan Sunaria Prawira Diraja, ia berinisiatif untuk menyewa sanggar wisma Samudera Beach Kuta milik Tuan Agus Jaya. Setelah diadakan beberapa pendekatan maka sampailah kepada tahap-tahap perundingan antara Tuan Agus jaya dengan pihak PT. Natour. Akhirnya dicapai kesepakatan bahwa hak sewa atas tanah Sanggar Wisma Samudera Beach Hotel beserta bangunannya dialihkan dari Tuan Agus Jaya kepada bali Hotel dengan nilai kurang lebih Rp. 750.000,-. Sejak saat itu Wisma Samudera Beach Kuta berada dibawah pengelolaan menajemen Natour Bali Hotel dengan pimpinan Bapak Sunaria Prawira Diraja.
Pada Tahun 1962 pucuk pimpinan Natour Bali Hotel diserahterimakan dari Bapak Sunaria Prawira Diraja kepada Bapak W. N. Tambayong. Pada tahun 1967 kontrak tanah Wisma Samudera Beach Kuta antara Tuan Agus Jaya dengan I Nyoman Nyongyong berakhir, selanjutnya tanah tersebut di beli oleh PT. Natour dengan harga kurang lebih Rp. 4.500.000,- dimana pembayarannya dilakukan dengan cara mengangsur.
Pada tahu 1974 menjelang Konfrensi PAT A di Indonesia dimana Work Shopnya dilaksanakan di Bali, dikeluarkan suatu kebijakan oleh Pemerintah Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada umum untuk mendirikan hotel sebagai persiapan penyediaan akomodasi dalam rangka kegiatan Konfrensi tersebut. PT. Natour memanfaatkan kesempatan                  tersebut dengan membangun dan mengembangkan unit-unitnya yang berada di Pantai termasuk Sindhu Beach Hotel, dan Kuta Beach Hotel.
Pembangunan Sindhu Beach Hotel dan Kuta Beach Hotel dimulai tahun 1972 dengan kreditor dari BAPINDO. Pada bulan Februari 1974 setelah selesainya pembangunan kedua unit Hotel tersebut maka unit hotel Natour di Sanur dinamakan Natour Sindhu Beach, unit Natour Kuta diberi nama Natour Kuta Beach Hotel. Khusus Natour Kuta Beach Hotel jumlah kamar  yang ada saat itu adalah sebanyak 32 kamar dengan jenis Bungalow.
Semenjak saat itu manajemen Sindhu Beach dan Kuta Beach terpisah dari unit Bali Hotel yang dikordinir oleh seorang Managing Director yaitu W. N. Tambayong. Selanjutnya Natour Sindhu Beach dipimpin Bapak I.G.W. Suwandha dan Natour Bali Hotel dipimpin oleh Bapak Sulaiman.
Selanjutnya dalam setiap rapat kerja yang dilaksanakan setiap tahun dimana didalamnya dievaluasi hasil-hasil usaha tiap-tiap unit PT. Natour, Natour Kuta Beach Hotel menunjukan hasil usaha yang baik. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka pada tahun 1984 saat Natour Kuta Beach dipimpin oleh Bapak Ferry S. Repie, dengan dana hasil usaha tersebut melakukan penambahan jumlah kamar yang tersedia menjadi 40 kamar.
Perkembangan selanjutnya sejak bulan Oktober 1985 Natour Kuta Beach di pimpin oleh AA.Sg.Mas Widyawati. Dan pada tahun 1998 dengan dana hasil usaha menanbah 6 kamar lagi sehingga kamar menjadi 40 kamar. Pada bulan Maret tahun 1991 kembali Natour Kuta Beach melaksanakan penambahan jumlah kamar sebanyak 98 kamar dan Grand Opening dilaksanakan pada bulan agustus tahun 1992. Dengan demikian jumlah keseluruhan kamar di Natour Kuta Beach sampai dengan tahun 1992 adalah sebanyak 137 kamar.
Pada tanggal 19 Maret 2001 sampai 2002 perusahaan  BUMN yaitu PT. HII dan PT. Natour digabungkan menjadi satu perusahaan dengan nama PT. Hotel Indonesia Natour(PT. HIN) yang unit usahanya menggunakan nama INNA Hotel  Group dengan motto  ANDA SEGALANYA BAGI KAMI dengan positioning Hotel with Unique Cordiality. Terdiri dari 16 unit Hotel dan 2 Catering tersebar diseluruh Nusantara.
Adapun unit PT. HIN yang ada diBali adalah :
1.      INNA Grand Bali Beach, Jl Hangtuah Sanur.
2.      INNA Putri Bali, Nusa Dua
3.      GRAND INNA Kuta Beach, Jl Pantai Kuta No. 1, Kuta.
4.      INNA Sindhu Beach, Jl Pantai Sindhu Sanur.
5.      INNA Bali, Jl Veteran No. 3, Denpasar.
Pada tahun 2003 PT. HIN bekerja sama dengan PT. Srikandi mendirikan The Wafe Cafe diarea Cottage dengan menghilangkan 04 bangunan cottage yang terdiri 08 kamar cottage sehingga total kamar menjadi 129 kamar. Mengngingat ketatnya persaingan di dunia pariwisata khususnya pada bidang jasa perhotelan, pada awal tahun 2008 manajemen IKB mengadakan renovasi 34 kamar standar yang terletak dilantai 1 menjadi kamar Deluxe yang dilanjutkan dengan mengadakan penambahan kamar dengan merubah 4 kamar executif suite building menjadi 02 suite building,2 executif suite building san 4 kamar deluxe dan menambah 01 deluxe suite cottage sehingga total kamar yang menjadi 134 kamar dengan type sbb;
·         Superior room                   ; 57 kmr
·         Deluxe room                     : 30 kmr
·         Junior suite                        ; 12 kmr
·         Deluxe suite Bld               ; 01 kmr
·         Executife suite Bld           ; 02 kmr
·         Cottages                            : 26 kmr
·         Deluxe suite cottage         ; 05 kmr
·         Executve suite cottg         : 01 kmr
Melihat peerkembangan para pesaing yang cukup gencar  mengadakan renovasi dan demi tercapainya pendapatan sesuai anggaran yang ditetapkan oleh direksi,Management INNA Kuta Beach memandang perlu mengadakan renovasi seluruh kamar dengan kategori supeior room menjadi deluxe room.
Renovasi dilakukan secara bertahap di mulai dari wing A pada maret – juni 2009 dilanjutkan pada wing B sampai akhir tahun 2009.
Sejak desember 2009,type kamar ada di INNA Kuta Beach adalah sebagai berikut :
·         Deluxe room                     : 86 kmr
·         Junior suite                        ; 12 kmr
·         Deluxe suite Bld               ; 01 kmr
·         Executife suite Bld           ; 02 kmr
·         Cottages                            : 26 kmr
·         Deluxe suite cottage         ; 05 kmr
·         Executve suite cottage      : 01 kmr
Dalam usaha untuk meninggkatkan service dan pasilitas dan banyak permintaan kamar  dengan paket meeting.Direksi PT.Indonesia Natour mengadakan renovasi di seluruh area cottage untuk membangun bangunan berlantai 4 dengan total 219 kamar,kolam renang,restaurant serta fasilitas pendukung lainnya.
Karena adanya renovasi di area cottage jumalah kamar yang biasa di jual di INNA Kuta Beach sampai juni 2012 adalah 102 kamar dengan type:





BEACH WING ( WING U, A, B )  
Room type
U Wing                       :                                   total kamar :
·         Junior suite                                                6
·         Grand junior suite                                     2
·         Deluxe suite                                              3
·         Penthouse                                                  2
Jumlah                                                       13
A Wing                          :
·         Deluxe balcony                                   12
·         Deluxe seaview                                   28
Jumlah                                                 40
            B Wing
·         Executive suite garden view                                       3
·         Executive suite seaview                                              3
·         Executive suite sea and pool view                              6
·         Deluxe pool access shower                                         28
·         Deluxe view bathtub                                                   24
·         Deluxe pool view shower                                           42
·         Deluxe Garden View Shower                                     46
·         Deluxe Garden View Bathtub                                                15


TOTAL SUMMARY
1.      DELUXE ROOM                                             195
·         Wing U                                                -
·         Wing A                                                40
·         Wing B                                                155
2.      JUNIOR SUITE                                               6
·         Wing U                                                6
·         Wing A                                                -
·         Wing B                                                -
3.      GRAND JUNIOR SUITE                                 2
·         Wing U                                                2
·         Wing A                                                -
·         Wing B                                                -
4.      DELUXE SUITE                                              3
·         Wing U                                                3
·         Wing A                                                -
·         Wing B                                                -                                                                                      


5 . EXECUTIVE SUITE                                               12
·         Wing U                                                            -
·          Wing A                                                           -
·         Wing B                                                            12

6.      PENTHOUSE                                                              2
·         Wing U                                                            2
·         Wing B                                                            -
·         Wing A                                                            -

TOTAL ROOM BEACH WING                                               220








BALI WING ( C WING )
Room Type
C WING                                                                                              TOTAL ROOM
·         Deluxe pool access                                                                  15
·         Deluxe pool view                                                                    28
·         Deluxe garden view                                                                 43
Jumlah                                                                                     86

·         Junior suite pool access                                              2
·         Junior suite pool view                                                 4
·         Junior suite garden view                                             6
Jumlah                                                                        12
·         Deluxe suite pool view                                                            1
·         Deluxe suite Garden view                                                        1
Jumlah``                                                                                  2
·         Executive pool view                                                    1
·         Executive garden view                                                 1
Jumlah                                                                         2

TOTAL ROOM BALI WING                                       1102



2.2.         Fasilitas Hotel.
A.    Service & Facilities
·         Airport Shuttle Service
·         Baby Cot
·         Car Park
·         24 Hours manager on duty
·         24 Hours doctor on call
·         Florist
·         Out door tennis court
·         Hot spot internet acces
·         Laundry and valet service
·         Mayor credit card accepted
·         Moneychanger
·         Safety deposit box
·         Shorpping arcade
·         Taxi and tour counter
B.     Room Facilites
·         Individual Controlable AC
·         IDD Thelephone
·         Mini Bar
·         Tea & Coffee Maker
·         Coffee Table
·         Satellite TV
·         Bathrobe
·         Slippers
·         Two Botles of Mineral Water
·         Bath Room
·         Shower Over Bathroom
·         Laggage Rack
·         Balcony & Terrace
·         Wardrobe
C.     Recreation Facilites
·         Tennis court


BAB III
LANDASAN TEORI

3.1.          Pengertian Hotel
Hotel adalah bentuk usaha akomodasi yang dikelola secara komersil yang menyediakan pelayanan kamar, makan dan minum, serta rekreasi lainnya. Sehingga tugas utama dari hotel adalah untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para tamu dan pelanggan, sehinggga setiap tamu yang menginap di hotel akan mendapatkan kepuasan(satisfied).
Untuk kelancaran tugas dan pelayannan di hotel maka hotel di bagi menjadi beberapa departemen dengan tugasnya masing-masing dalam memberikan pelayanan bagi tamu, antaralain:
·         Front office departmen
·         House keeping departmen
·         FB departmen
·         Egineering depertmen
·         Accountuing departmen
·         Personalia depertmen
·         Marketing departmen
·          
3.2.         Pengertian House Keeping departmen
     Housekeeping Department adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, kerrapian kamar, ruang umum seperti restaurant, bar, dan outlet-outlet lainnya. Departmen Housekeeping dipimpin olehseorang Executive Housekeeping. Fungsi tatagraha sangat penting karena demi kelancaran penyiapan dan kebersihan kamar hotel. Sectin-section yang ada di Housekeeping antara lain :
v  Room Section
v  Houseman Section
v  Linen & Laundry
Depertmen HK di pimpin oleh excekutive HK.
3.3.          Tugas dan Tanggung Jawab House Keeping
Adapun tugas-tugas yang dimiliki oleh petugas Housekeeping antara lain sebagai berikut :
ü  Dapat memberikan kesan dan suasana bersih, nyaman, dan indah terhadap tamu
ü  Menjaga kebersihan seluruh bagian hotel
ü  Penyiapan dan perawatan kamar
ü  Memberikan pelayanan kepada tamu dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab
Dan berikut ini adalah Tanggung jawab yang dimiliki oleh petugas Housekeeping antara lain:
·         Bagian Corridor
·         Kamar Tamu
·         Ruang Istirahat Pegawai
·         Office Management
·         Lobby
·         Pembersihan Restaurant
·         Loker karyawan
·         Guest & Employee Toilet
·         Ruang Meeting
·         Ruang Tunggu
·         Parking Area





BAB IV
PEMBAHASAN

4.1.         Tugas dan Tanggung jawab Seksi Kamar (Room Section)
Petugas yang bertugas dalam hal ini disebut Room boy / Room maid. Seksi ini bertanggung jawab atas perawatan, pemeliharaan, dan penataan kamar-kamar tamu (Guest Room).
Trainee pada section ini dibagi atas 8 jam kerja, yaitu :
·         Morning Shift (07.00-15.00)
·         Afternoon  Shift (14.00-22.00)
·         Evening Shift (23.00-07.00)
Uraian Tugas dan Tanggung jawab Room Section
a.      Preparation
1.      Menyapu dicorridor
2.      Menyiapkan room boy report
3.      Mempersiapkan cleaning equipment :
§  Bucket
§  Floor squezeer
§  Sponge
§  Bottle sprayer
§  Towel
§  Floor stik
2.      Mempersiapkan cleaning supplies :
§  Sine up untuk membersihkan melapisi, dan mengkilapkan furniture
§  Carbol untuk menghilangkan bau tak sedap pada bath room
§  Nobla untuk membersihkan keramik dan porselin pada bath room
§  Go gatter untuk membersihkan noda membandel
§  Glass cleaner untuk membersihkan permukaan kaca
§  Glow metal polish untuk menghilangkan noda atau kerak pada benda yang terbuat dari stainless steel
§  Floor cleaner untuk membersihkan lantai
3.      Mempersiapkan guest room supplies :
- Guest room supplies not give away
1.      Do not disturb sign
2.      Hangers
3.      Ashtray
4.      Drinking glass and tray
5.      Bottle opener
6.      Bible
7.      Telephone directory
8.      Slipper
9.      Door knop menu

- Guest room supplies give away :
1. Writing paper
2. Envelope
3. Pencil
4. Not paid
5. Brochure
6. Map
7. Stiker
8. Sewing kit
9. Dispossal bag
10. Laundry bag
11. Soap
12. Matches
13. Shampoo
14. Bath Foam
15. Tooth Brush
16. Candle
17. Coffee, tea, and sugar
18. Mineral water
6. Mempersiapkan lena-lena, sheet, towel, pillow case, dan dufe
7. Menset-up trolly
8. Mempersiapkan kunci
b.      Operation
Setelah semua perlengkapan sudah siap di set up pada trolley maka mulailah bekerja dengan langkah:
1.      Mengecek status kamar, sambil mengecek apakah tamu memiliki laundry
2.      Setelah mengecek semua selanjutnya mulai bekerja.
Langkah-langkah membersihkan kamar:
a.       Tempatkan room attendant trolley di depan kamar tamu tetapi tidak menghalangi jalan.
b.      Pencetlah bel sebanyak 3 kali dengan jeda beberapa detik sambil menyebutkan identitas (Pagi, Room boy)
c.       Apabila tidak ada jawaban buka pintu denga pass key dan buka secara perlahan dan mengucapkan salam excusme.
d.      Apabila waktu mengetuk pintu ada jawaban dan pintunya dibuka oleh tamu, sapalah tamu itu dengan sopan dan ramah. Kemudian tanyakan apakah dia memiliki cucian dan apakah kamarnya bisa dibersihkan, jika bisa mulailah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
·         Membuka night curtain
·         Atas seijin tamu, matikan AC dan lampu kecuali pada bedside table
·         Bila ada, keluarkan semua perlengkapan room service agar diclear up
·         Rapikan barang-barang tamu yang ada diatas bed
·         Striping bed, bukalah dufe, sheet, pillow case, dan taruh ditempat soil pada trolly sambil membuang sampah yang ada dikamar pada trolly
·         Kemudian making bed
Langkah – langkah making bed :
§  Tebarkan sheet hingga menutupi seluruh permukaan bed
§  Lipatlah sheet ke bawah bed sehingga membentuk sudut
§  Masukkan iner dufe ke dalam dufe
§  Kemudian tebarkan dufe ke atas bed
§  Lalu lipat dan masukkan dufe pada bagian kaki ke bawah bed dan  bentuklah sudut
§  Pada bagian kepala,lipatlah dufe sebanyak 2 kali untuk tempat meletakkan pillow
§  masukkan pillow ke dalam pillow cases dan letakkan pada bagian kepala bed
§  Setelah making bed, bawalah asbak,  gelas kotor kekamar bath room  untuk dibersihkan. Kemudian keringkan dan taruh ditempat semula
e.       Mulailah membersihkan kamar mandi, dengan tahap sebagai berikut:
v  Siram jamban terlebih dahulu dengan air dari tangki penyiraman(flushing)
v  Bersihkan bagian dalam jamban dengan carbol dan toilet brush
v  Kemudian siram kembali dengan air
v  Setelah membersihkan jamban, kemudian bersihkan bath tab
v  Pertama naikkan shower curtain agar tidak mengganggu
v  Gunakan spon dan nobla untuk membersihkan bagian bak mandi
v  Gosok bagian dalam terlebih dahulu
v  Keringkan bak mandi dengan towel bekas
f.       Melengkapi Guest Supplies pada kamar mandi (Bath Room) yaitu:
- Bath towel          : 2 buah
- Hand towl           : 2 buah
- Bath mat             : 1 buah
- Soap                    : 2 buah
- Shampoo             : 1 buah
- Bath foam           : 1 buah
- Tooth brush and tooth paste : 2 buah
- Toilet paper         : 2 buah
- Candle                : 1 buah
- Matches              : 1 buah
- Shower cap         : 1 buah
- Dispossal             : 2 buah
- Drinking glass     : 2 buah
- Shower gel          : 1 buah
e.       Membersihkan kaca-kaca yang ada dikamar
f.       Melengkapi guest supplies pada bad room :
- Laundry bag                   : 1 buah
- Laundry list                    : 2 buah
- Slipper                             : 2 pasang
- Shoes cloth                     : 1 buah
- Coffee                             : 2 buah
- Tea                                  : 2 buah
- Sugar                               : 2 buah
- Aqua                               : 2 buah
- Room service menu        : 1 buah
- Folder                             : 1 buah
- Service directory             : 1 buah
- Astray and matches        : 1 buah
- Note pad                         : 1 buah
- Telephone direct ory       : 1 buah
- Bible                               : 1 buah
- Dorknob menu                : 2 buah
- TV program                    : 1 buah
g.      Setelah melengkapi guest room, lakukan sweeping dari balcony dan bath   room. Setelah itu tutuplah night curtain lalu damp sweeping
h.      Setelah selesai, semprotkan obat anti nyamuk dan pengharum ruangan keseluruh ruangan
i.        Bila ada tamu, nyatakan kepada tamu bahwa kamar telah selesai dibersihkan
j.        Mengisi room boy report

D.    Setoring Setelah semua kamar selesai dibersihkan jumlahkan penggunaan sheet, towel, dan guest supplies.


4.2  Tugas dan Tanggung Jawab Public Area section.

Houseman adalah seksi dari department housekeeping yang bertugas memelihara , merawat dan menata public area.

Cleaning equipment dan cleaning supplies yang dipakai antara lain :

·         Stick mop
·         Mop          
·         Double bucket wringer
·         Broom
·         Shelling broom
·         Dust pan
·         Lobby duster/ floor duster
·         Floor squeezer
·         Cotton cloth
·         Sponge
·         Toilet bowl brush
·         Grand floor cleaner
·         Carbol
·         shine up
Tugas – tugas houseman antara lain adalah :

v  Membersihkan corridor
ü  Menyapu tangga
ü  Mengepel lantai 1-3 & 1- 4
ü  Mendusting tangga yang ada di corridor
ü  Floorduster lantai  di corridor
ü  Mengecek dan membersihkan standing ashtry
v  Membersihkan di bagian EDR
ü  Membersihkan di areal tunggu di atas
ü  Membersihkan security office dan toiletnya
ü  Membersihkan areal loker
ü  Membersihkan areal meeting
ü  Membersihkan areal lobby
ü  Menyapu di areal lobby
ü  Lobbyduster di  areal lobby
ü  Membersihkan ruang tunggu
ü  Mendusting semua benda yang terbuat dari kayu
ü  Mengecek toilet yang ada di lobby dan balangan room
v  Membersihkan areal jimbaran longe
ü  Menyapu di areal jimbaran longe
ü  Lobbyduster di  areal jimbaran longe
ü  Membersihkan ruang tunggu
ü  Mendusting semua benda yang terbuat dari kayu
ü  Menengecek toilet yang ada di jimbaran longe

4.2.         House Keeping Office Section
·         Membersihkan office
Alat dan bahan
ü  Floor broom and dust pan
ü  Gun sprayer
ü  Window wiper
ü  Glass cloth
ü  Glass cleaner
Operation:
ü  Sweeping area office
ü  Membersihkan kaca di office
·         Making flowrist untuk di ruang meeting.
·         Memotong kertas berbentuk lingkaran untuk alas rubish bin



BAB V
PENUTUP
5.1.          Kesimpulan

Jadi, seperti yang telah diuraikan dalam laporan mengenai pelaksanaan praktek kerja industry(prakrin) ini maka saya dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu:
1.      Tugas utama dari seorang room boy/ room maid adalah menjaga kebersihan, kerapian, dan kelengkapan kamar-kamar tamu hotel(guest room) dan memberikan fasilitas pelayanan kamar kepada tamu.
2.      Dengan adanya Praktek Kerja Industry(prakrin) disuatu hotel, maka siswa/siswi SMK dapat dapat menerapkan teori yang pernah didapat di sekolah.
3.      Setelah diadakannya Praktek Kerja Industry(prakrin) ini penulis dapat membadingkan antara teori yang didapat disekolah dengan praktek kerja nyata, sehingga pengetahuan penulis tidak tertumpu pada teori saja.
4.      Praktek kerja industry (prakrin) juga dapat dijadikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman tentang dunia industry sehingga bagi yang ingin melanjutkan kuliah atau langsung bekerja dibidang pariwisata, masukan-masukan dan pengetahuan yang didapat pada saat prektek dapat berguna.
5.      Selain itu praktek kerja industry(prakrin) ini juga dapat meningkatkan SDM yang handal dan professional pada bidangnya.









5.2.          Saran-Saran
Saran-saran yang dapat penulis sampaikan kepada pihak hotel adalah
Ø  Selalu menjaga kebersihan hotel sehingga tamu- tamu yang berkunjung atau menginap di hotel merasa nyaman maupun tingkah laku dalam bekerja.
Ø  Selalu menjaga kedisiplinan bagi karyawan baik dari segi kehadiran maupun dalam melakukan pekerjaan.
Ø  Selalu ramah tamah kepada orang- orang yang ada di hotel tidak memandang baik itu atasan maupun trainee.
             Saya sangat berterima kasih kepada staff- staff yang bekerja di grand inna kuta beach karena saya telah diterima dan di berikan begitu banyak pengalaman dalam berakomodasi perhotelan. Sekian dari saya mohon maaf apabila selama saya melaksanakan praktek industry di Grand Inna Kuta Beach saya melakukan kesalahan yang membuat staff hotel kecewa.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH~


3 komentar:

  1. kak, kalau laporannya isi kayak di uji gitu sma grunya?
    trus dalam pembuatan laporan ada pembimbingan?

    BalasHapus
  2. The online casino and sportsbook: best sportsbook bonuses for
    Online casino: best sportsbook bonuses for all types of players: American players, Online 온라인 카지노 먹튀 신고 casinos, Sports betting promotions, Sports betting markets.

    BalasHapus
  3. Borgata Hotel Casino and Spa - Dr.MD
    Borgata Hotel Casino and Spa. 5-star. Atlantic 전라남도 출장안마 City. 4-star. Atlantic City, NJ. 8.7. Resort Fee. 익산 출장샵 $199. 서귀포 출장안마 Atlantic 충청남도 출장샵 City. 7.4 miles. Rating: 안동 출장샵 3.2 · ‎9 reviews

    BalasHapus